LPDB menumbuhkan semangat wirausaha koperasi, menjalin kerjasama Inkubator Wirausaha dan memperkuat ekosistem.

LPDB memberikan dukungan kepada Inkubator Mitra terpilih untuk bersama-sama membantu para wirausaha koperasi dan usaha kecil menengah serta startup untuk membangun bisnis bersama dari ide pertama hingga berdampak sosial.

LPDB bersama Inkubator Mitra terpilih akan menghadirkan dukungan peningkatan kapasitas dengan kurikulum bisnis dan mentor kelas dunia serta jaringan usaha.

Daftar sebagai Mitra Inkubator

Kriteria dan Persyaratan

Kriteria dan Persyaratan:

    1. Calon Lembaga Inkubator harus memenuhi kriteria sebagai berikut:
      a. memiliki tanda daftar Lembaga Inkubator;
      b. memiliki sumber daya manusia yang professional;
      c. memiliki sarana dan prasarana yang memadai;
      d. memiliki kurikulum inkubasi;
      e. memiliki sumber pendanaan yang sah;
      f. mendapatkan pengantar atau keterangan dari Dinas setempat yang membidangi urusan Koperasi dan UMKM;
      g. memiliki status kepemilikan kantor yang jelas;
      h. memiliki pengalaman melakukan inkubasi kepada Koperasi, Usaha Mikro, Usaha Kecil, Usaha Menengah, dan/atau usaha rintisan minimal 1 (satu) tahun, apabila calon Lembaga Inkubator bukan berbentuk Koperasi atau bukan di bawah naungan Koperasi; dan
      i. bersedia menerima segala keputusan hasil seleksi dari LPDB-KUMKM.
    2. Memiliki tanda daftar Lembaga Inkubator.
      Yaitu terdaftar dalam sistem pendaftaran, informasi, dan evaluasi Inkubasi pada Kementerian Koperasi dan UKM, dan diutamakan berbadan hukum Koperasi, atau berbadan hukum Perseroan Terbatas (PT), dan/atau Lembaga lainnya yang berada di bawah naungan Perguruan Tinggi atau Koperasi.
    3. Calon Lembaga Inkubator yang memenuhi kriteria sebagaimana point 1 (satu) sebagai berikut:
      a. scan surat permohonan kepada Direktur Utama LPDB-KUMKM dari pimpinan Lembaga Inkubator, atau pimpinan Instansi setingkat Eselon II (dua) apabila milik pemerintah. Template surat dapat diakses pada link [Contoh Surat];
      b. scan surat pengantar atau surat keterangan dari Dinas setempat yang membidangi urusan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah [Slide informasi lebih lanjut];
      c. dokumen kelembagaan;
      d. rencana kegiatan; dan
      e. video presentasi proposal usulan.
    4. Dokumen kelembagaan sebagaimana butir 3 (tiga) huruf c terdiri dari:
      a. profil Lembaga Inkubator yang meliputi:
      1) visi dan misi;
      2) tujuan dan sasaran;
      3) struktur pengelolaan;
      4) business model; dan
      5) unique value.
      b.   sarana dan prasarana yang meliputi;
      1) foto ruangan inkubasi yang dimiliki; dan
      2) scan bukti status kantor yang ditunjukkan dalam bentuk sertifikat kepemilikan kantor, bukti perjanjian, atau bukti sewa kantor, yang diberikan dalam bentuk kuitansi pembayaran, surat pernyataan, atau surat keputusan.
      c. pengelolaan yang meliputi:
      1) scan tanda daftar Inkubator;
      2) scan akta pendirian dan/atau perubahan beserta pengesahannya apabila berbentuk Badan Hukum;
      3) scan surat keputusan pendirian atau pembentukan oleh pejabat berwenang beserta perubahannya apabila berbentuk Lembaga lainnya yang berada di bawah naungan Perguruan Tinggi atau Koperasi;
      4) scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan data profil pengelola;
      5) scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan data profil mentor atau pendamping; dan
      6) scan nomor rekening yang digunakan.
      d. pelayanan yang meliputi:
      1) kurikulum inkubasi; dan
      2) standar operasional prosedur (SOP).
    5. Rencana kegiatan sebagaimana butir 3 (tiga) huruf d paling kurang terdiri dari:
      a. capaian kinerja;
      b. kerangka acuan kerja;
      c. kebutuhan pendanaan dalam bentuk rencana anggaran biaya yang diusulkan;
      d. daftar tenant dari unsur Koperasi, Usaha Mikro, Usaha Kecil, Usaha Menengah, dan/atau usaha rintisan yang sedang atau telah dibina; dan
      e. pengalaman bekerja sama dengan Instansi atau Lembaga lainnya yang paling kurang berisikan tentang;
      1) nama instansi atau Lembaga;
      2) tahun dilakukannya Kerjasama;
      3) sasaran tenant;
      4) jumlah dan daftar tenant yang diinkubasi; dan
      5) jumlah nilai pendanaan yang diberikan

Pendaftar Melampirkan Dokumen Persyaratan Meliputi

Dokumen dibawah ini dipersiapkan di dilampirkan pada laman form pendaftaran:

    1. Surat permohonan kepada Direktur Utama LPDB-KUMKM dari pimpinan lembaga, pemilik atau pimpinan instansi (apabila milik pemerintah). Template surat dapat diakses pada link [Contoh Surat];
    2. Scan izin atau surat pengantar atau surat keterangan dari dinas yang membidangi urusan koperasi dan UMKM atau lembaga induk apabila berbentuk lembaga pendidikan;
    3. Scan Tanda Daftar Inkubator [SIPENSI];
      Memiliki tanda daftar Lembaga Inkubator, yaitu terdaftar dalam sistem pendaftaran, informasi, dan evaluasi Inkubasi pada Kementerian Koperasi dan UKM, dan diutamakan berbadan hukum Koperasi, atau berbadan hukum Perseroan Terbatas (PT), dan/atau Lembaga lainnya yang berada di bawah naungan Perguruan Tinggi atau Koperasi;
    4. Scan akta pendirian dan atau perubahan beserta pengesahannya paabila berbentuk Badan Hukum;
    5. Scan Nomor Rekening yang digunakan;
    6. Fotokopi atau scan bukti status kantor yang ditunjukan dalam bentuk sertifikat kepemilikan kantor, bukti sewa kantor dalam bentuk kuitansi pembayaran, surat pernyataan atau surat keputusan;
    7. Fotokopi atau scan tanda penduduk (KTP) dan profil pengelola inkubator wirausaha;
    8. Fotokopi atau scan kartu tanda penduduk (KTP) dan profil mentor atau pelatih;
    9. Foto ruangan inkubasi;
    10. Profil mentor, pelatih atau jaringan kerja pada Inkubator Wirausaha;
    11. Proposal usulan kegiatan yang dibuat dalam bentuk dokumen yang paling kurang terdiri dari:
      a. Profil inkubator (visi, misi, tujuan, struktur, unique value dan business model)
      b. Kurikulum inkubasi yang didalamnya memuat materi perkoperasian
      c. SOP Inkubasi
      d. Track record aktivitas inkubasi sebelumnya (portofolio) yang diberikan dalam bentuk video atau foto
      e. Output kegiatan dan capaian kinerja
      f. Target kegiatan, dan kerangka acuan kerja
      g. Kebutuhan pendanaan dalam bentuk Rencana Anggaran Biaya yang diusulkan;
    12. Video presentasi inkubator;
    13. Daftar tenant dari unsur koperasi, usaha mikro, kecil dan/atau menengah yang sedang atau telah dibina.

Pendaftaran dilakukan secara daring dengan mengisi kuisioner dan kelengkapan dokumen sebagaimana diatas.

Pendaftaran dibuka hingga tanggal  1 Nopember 2022 pukul 23:59 WIB. Keputusan dan penentuan hasil seleksi sepenuhnya merupakan kewenangan Tim Rekrutmen.

Penyelenggaraan program Inkubator Wirausaha Mitra LPDB-KUMKM tahun 2022 bersifat MUTLAK dan tidak dapat diganggu gugat. Untuk mengetahu informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Dwi Winarto (wa.me/6281216002111).

Jl. Letjend. MT. Haryono Kav. 52-53
Jakarta 12770
Telp. 021-7990756, 021-79180426
Fax. 021-7989746

Share this!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

© Copyright 2022 – Lembaga Pengelola Dana Bergulir – All Right Reserved.